DASAR SIRKUIT KELISTRIKAN

APAKAH SIRKUIT LISTRIK ITU ?

Sirkuit listrik adalah Rangkaian dimana arus listrik dapat mengalir. Pada gambar di bawah terdapat baterai, fuse, switch dan lampu, masing-masing dihubungkan dengan kabel sehingga arus listrik akan mengalir dari terminal positif baterai > kabel pengantar > Fuse > Sakelar (switch) > kabel pengantar > lampu > kabel pengantar kemudian ke terminal negatif baterai.

Gambar sirkuit kelistrikan

BEBAN

Beban adalah perlengkapan/benda yang menggunakan kelistrikan, contohnya : lampu, klakson motor, dll. Dalam sirkuit kelistrikan semua beban dikategorikan sebagai tahanan.
Pada gambar di bawah, klakson (horn) ditempatkan pada lampu.

Gambar sirukuit kelistrikan beban

SIRKUIT LISTRIK PADA MOTOR

Dalam sirkuit kelistrikan motor, salah satu ujung kabel dari setiap beban dihubungkan dengan bodi kendaraan atau rangka yang berfungsi sebagai konduktor, yang fungsinya untuk mengalirkan arus ke baterai.
Selanjutnya bodi atau rangka tersebut disebut dengan Massa (ground = earth) dari sirkuit, yang berarti bagian dari sirkuit yang mengembalikan arus ke baterai.



Demikian postingan yang saya berikan. Semoga sedikit bermanfaat bagi anda, dan terima kasih sudah berkunjung. Jika ada saran dan komentar silakan hubungi saya dibawah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "DASAR SIRKUIT KELISTRIKAN"

Post a Comment