Tahanan listrik dan kategori bendanya

Bila arus Iistrik mengalir melalui suatu benda, elektron-elektron bebas tidak dapat bergerak maju dengan Iembut karena elektron-elektron akan tertahan atom-atom yang dibentuk oleh benda tersebut. Derajat kesulitan dari arus Iistrik dapat mengalir melalui material disebut dengan tahanan Iistrik.

Benda yang dialiri listrik

SATUAN PENGUKURAN TAHANAN LISTRIK



Tahanan Iistrik dinyatakan dengan huruf (R), dan diukur dengan satuan OHM (simbol: Ω = Omega). 1 ohm adalah tahanan Iistrik yang mampu menahan arus Iistrik yang mengalir sebesar satu amper dengan tegangan 1 volt.

Untuk satuan tahanan Iistrik yang sangat kecil ataupun yang sangat besar, lihat tabel di bawah.

Tabel pengukuran tahanan listrik
Contoh Konversi :

1.969 mΩ = 1.96 Ω

19.0000 Ω =19 Ω

900 Ω =0.9 kΩ

KATEGORI BENDA YANG DI GOLONGKAN TAHANAN LISTRIK


Dalam hal tahanan terhadap aliran listrik, maka ada 3 benda-benda yang digolongkan tahanan listrik, yaitu :


A) KONDUKTOR

Material yang dapat dialiri arus listrik disebut dengan konduktor. Contohnya material : Emas, Perak, Tembaga, Alumunium, dan Besi.


B) ISOLATOR ( Non-Konduktor)

Material yang tidak dapat dialiri arus listrik, atau tidak dapat mengalir sama sekali disebut dengan isolator. Contoh material : Kaca , Karet, Kertas, Plastik, Vinil atau Porselen.


C) SEMI-KONDUKTOR

Material dimana arus listrik dapat mengalir, tetapi tak semudah seperti konduktor disebut dengan semi-konduktor. Contoh material yang termasuk kategori ini misalnya Silikon dan Germanium.
Konduktor dan Non-konduktor keduanya digunakan pada komponen listrik, Contoh seperti pada gambar di bawah.
Kategori golongan benda


Demikian postingan yang saya berikan. Semoga sedikit bermanfaat bagi anda, dan terima kasih sudah berkunjung. Jika ada saran dan komentar silakan hubungi saya dibawah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tahanan listrik dan kategori bendanya"

Post a Comment