Macam Tahanan

Tahanan Sambungan (Contact Resistance)



Tahanan sambungan (contact resistance) adalah Tahanan yang disebabkan oleh hubungan yang kurang baik. Contoh :
Apabila penyambungan kabel ke baterai atau ke beban keadaannya kurang baik, atau bila terdapat karat pada switch yang menghubungkan dua komponen, maka arus listrik menjadi tidak mudah mengalir.


Bila arus listrik mengalir melewati bagian yang terdapat tahanan sambungan (contact resistance) tersebut, maka akan menimbulkan panas. Panas ini akan mempercepat timbulnya karat dan tahanan sambungan akan bertambah besar. Tahanan sambungan dapat di perkecil dengan cara membersihkan area sambungan dan mengeraskan sambungan.
Tahanan sambungan

TAHANAN ISOLATOR


Seperti yang telah dijelaskan dulu bahwa karet, vinyl, mica, keramik dan sebagainya digunakan untuk mencegah/menghalangi mengalirnya arus listrik antara konduktor-konduktor. Sifat dari bahan-bahan ini disebut kemampuan tahanan isolator dan dinyatakan dengan nilai tahanan (resistance values).

Fakta yang dapat kita bicarakan tentang tahanan isolator ditunjukkan dengan dapat mengalirnya arus listrik antara konduktor-konduktor melalui isolator pada kondisi tertentu.

Dalam kondisi tertentu misalnya terjadi keretakan pada isolator, kebocoran arus Iistrik akan mengalir Iemah melalui isolator tersebut dan terjadi percikan api yang akan menimbulkan kotoran, menempelnya air atau kotoran lain pada permukaan isolator. Dan nantinya akan menjadikan bahan yang berfungsi sebagai konduktor kelistrikan.
Tahanan Isolator

Demikian postingan yang saya berikan. Semoga sedikit bermanfaat bagi anda, dan terima kasih sudah berkunjung. Jika ada saran dan komentar silakan hubungi saya dibawah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam Tahanan"

Post a Comment