MENGUKUR TEGANGAN AC&DC DENGAN AVO TESTER MANUAL

Avo tester adalah alat pengetes kelistrikan, Penggunaannya untuk mengukur tegangan, tahanan dan untuk memeriksa hubungan kelistrikan dari suatu komponen.
Ada beberapa jenis sirkuit tester, yaitu :

1) Tester model digital
dapat menunjukkan hasil pengukurannya Iangsung dengan angka-angka.

2) Tester model manual atau biasa
ditunjukkan oleh sebuah jarum.

Tapi kali ini saya akan menjelaskan pengukuran dengan AVO tester manual/biasa.

Mengukur Tegangan AC


Daerah tegangan dapat diukur dari 0-1000 volt. Hubungkan kabel kabel pengukur tester dan stel selector pada salah satu posisi AC.V seperti tabel di bawah ini.
Tabel pengukuran AC

Kemudian hubungkan kabel pengukur ( test land) secara pararel pada bagian yang akan diperiksa dan bacalah skala V AC (AC V) yang ditunjukkan oleh jarum penunjuk.


Contoh :
Pembacaannya adalah 100 volt AC, sebab ranger selektornya di setel pada 250 AC volt.
Contoh Pembacaan 100 volt



PENTING

° Membaca skala pada range yang benar.
Skala pada range


1) 25 : Nilainya dibaca apabila selector disetel pada 25, hasilnya dikalikan dengan 10 apabila selector disetel pada 250.

2) 10 : Nilainya dibaca apabila selector disetel pada 10, hasilnya dikalikan dengan 100 apabila selector disetel pada 1000.

Mengukur Tegangan DC


Daerah pengukuran tegangan adalah dari 0-500 Volt. Hubungkan kabel pengetesan (test lead) warna merah ke terminal positif dan kabel pengetes yang berwarna hitam ke terminal negatif. Posisikan selektor pada salah satu daerah DCV (VDC) dengan pilihan (2,5, 10,25, 50, dan 500). Nomor-nomor berikut ini berkaitan dengan daerah volt.
Tabel pengukuran DC

Setel penyetelannya pada salah satu nomor. Anda dapat membaca hasil pengukuran dengan mudah sekali. Kemudian hubungkan kabel pengetes yang berwarna merah ke terminal positif dari sumber arus dan ujung satunya ke terminal positif dari avo tester dan kabel pengetes berwarna hitam yang dari terminal negatif dari avo tester dihubungkan ke terminal negatif dari sumber arus. Dengan kata Iain hubungan alat ini adalah paralel dalam pemeriksaan ini. Selanjutnya bacalah tegangan pada skala DC.

Contoh :
Daerah yang dipilih atau yang disetel pada 25 DC volt, jarum penunjuk akan terbaca 12 volt DC
Contoh avo tester disetel pada 25 DC volt,


PENTING!


° Pilihlah range (tingkat) dengan berhati-hati. Apabila yang akan diukur melebihi atau lebih besar, kemungkinan tester akan rusak (saat menggunakan AC maupun DC).

° Bacalah skala pada range yang benar
Skala Pengukuran DC

1) 50 : Nilainya (value) dibaca bila selektor disetel pada 50, hasilnya kalikan dengan 10 bila selektor disetel pada 500.

2) 25 : Nilainya (value) dibaca bila selektor disetel pada 25, hasilnya dibagi10 bila selektor disetel pada 2,5.

3) 10 : Nilainya dibaca sesuai dengan bila selektor disetel pada 10.



Demikian postingan yang saya berikan. Semoga sedikit bermanfaat bagi anda, dan terima kasih sudah berkunjung. Jika ada saran dan komentar silakan hubungi saya dibawah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MENGUKUR TEGANGAN AC&DC DENGAN AVO TESTER MANUAL"

Post a Comment