HUBUNGAN TAHANAN LISTRIK

HUBUNGAN ANTARA DIAMETER DAN PANJANG KONDUKTOR DENGAN TAHANAN LISTRIK


Bila elektron bebas bergerak di dalam konduktor yang berpenampang Iebih besar, maka tahanan akan Iebih rendah, ini berarti arus listrik akan tetap mengalir melalui konduktor yang berdiameter Iebih besar. Tetapi bila arus listrik harus mengalir pada jarak yang Iebih jauh, tahanan akan Iebih besar karena harus melewati atom yang Iebih banyak jumlahnya.


Kesimpulannya, tahanan listrik (R) dari konduktor akan berbanding lurus dengan panjang konduktor, dan berbanding terbalik terhadap Iuas penampang konduktor.
Contoh :

R = P x I/A

R = Tahanan listrik ...................... Ω

P = Tahanan spesifik/jenis ............... Ωm

I = Panjang konduktor .................... m

A = Luas penampang konduktor ............. m2


Apabila kita menerapkan rumus ini pada kabel-kabel yang akan digunakan, maka tahanannya akan menjadi Iebih besar, kabel Iebih kecil dan panjang.
Contoh kabel yang digunakan


HUBUNGAN ANTARA TEMPERATUR DENGAN TAHANAN LISTRIK


Tahanan listrik pada konduktor akan berubah-ubah dengan adanya perubahan temperatur, biasanya tahanan listrik akan bertambah bila temperatur naik.

Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
Bila sebuah Iampu dihubungkan dengan baterai melalui kawat, dan kawat tersebut kemudian dipanaskan dengan api, maka lampu akan makin redup. lni berarti bahwa temperatur kawat bertambah dan tahanan juga akan naik.
Tahanan listrik perubahan temperatur

Contohnya : Thermistor adalah salah satu tipe dari semi-konduktor yang akan merubah tahanannya dalam dua cara yang disebabkan oleh temperatur, yaitu :


1) Thermistor yang menambah tahanannya bila temperatur meningkat (sama seperti halnya logam) disebut dengan positif temperature coefficient (PTC) thermistor.

2) Tipe thermistor yang lain, nilai tahanannya berkurang bila temperatur bertambah, disebut dengan negative temperature coefficient (NTC) thermistor.
Thermistor

Dengan menggunakan hubungan antara temperatur tahanan, kita akan mengetahui temperatur konduktor dengan mengukur tahanannya.
Grafik thermistor perubahan temperatur



Demikian postingan yang saya berikan. Semoga sedikit bermanfaat bagi anda, dan terima kasih sudah berkunjung. Jika ada saran dan komentar silakan hubungi saya dibawah.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "HUBUNGAN TAHANAN LISTRIK"

Post a Comment